SENAM KESEHATAN SISWA SDN 2 KALUSARI

5 Manfaat Senam Pagi yang Baik untuk Kebugaran Fisik

Tubuh anak-anak masih memiliki kelenturan yang baik. Karena itu, mereka akan lebih mudah mengikuti berbagai gerakan senam anak sehat. Tapi apa saja manfaat senam untuk anak? Simak efek positif senam untuk perkembangan fisik anak di bawah ini:

Mengembangkan kemampuan motorik

Senam untuk anak adalah salah satu kegiatan kegiatan yang paling berpengaruh dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak anak. Senam juga membantu anak jadi lebih sehat dan kuat, daya tahan ototnya pun berkembang.

Melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh

Dengan melakukan senam anak sehat, anak bisa melatih kelincahan, kelenturan tubuh, serta koordinasi antar tungkai (tangan dan kaki). Selain itu, gerakan senam juga sangat baik untuk melatih keseimbangan dan refleks tubuh anak agar tidak mudah terjatuh.

Meningkatkan kekuatan anak 

Gerakan senam untuk anak bisa memperkuat otot punggung dan otot perutnya. Dengan otot punggung dan perut yang kuat, anak akan lebih aktif bergerak dan melompat..

Mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke saat dewasa

Anak yang sejak kecil rutin melakukan aktivitas fisik memiliki kemungkinan lebih kecil terkena penyakit jantung dan stroke di usia dewasa. Apalagi jika diikuti dengan kegiatan fisik pendukung lainnya yang menuntut jantung dan paru bekerja aktif sehingga memperlancar sistem sirkulasi dan metabolisme tubuh.

Melatih ingatan

Senam anak sehat mengajak anak-anak melakukan beberapa gerakan. Agar mampu mempraktikkan dengan tepat, anak membutuhkan konsentrasi tinggi untuk bisa menghapal setiap gerakan dan urutannya. Dengan melakukan senam untuk anak secara rutin, anak akan belajar fokus dan tekun, melatih kemampuan fisik maupun mentalnya.

Namun gerakan senam untuk anak harus disesuaikan dengan usia dan tingkat kemampuan fisik si Kecil. Sebagai sumber energi sebelum mulai senam dan untuk memenuhi kebutuhan gizinya, berikan asupan kaya protein, kalsium dan vitamin D, salah satunya dengan minum susu.

Berikan susu sesuai tahapan usia anak bersama Susu Cair Frisian Flag Milky untuk anak 6-12 tahun, dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan 7 Vitamin: Vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12 dan D3 serta  Mineral: Kalsium dan Fosfor dengan rasa cokelat dan stroberi yang lezat untuk mendukung pertumbuhan si Kecil.