Kegiatan Pondok Romadhon

Agenda Kegiatan Ramadhan sendiri berisi beberapa bagian yang harus diisi oleh siswa, tentunya dengan jujur dan ditandatangani oleh orang tua, Ibadah kegiatan-kegiatan lain di Bulan Ramadhan seperti Shalat lima waktu (mengisi kolom Shalat Berjamaah atau tidak berjamaah/munfarid), Shalat Sunnah Tarawih, Shalat Jumat, dan Shalat Ied, Puasa Ramadhan, Tadarus Al-Quran, serta Zakat, Infaq dan Shadaqah. Memang sedikit memaksa dan masih menimbulkan kesan tidak jujur oleh siswa itu sendiri, tapi Agenda Kegiatan Ramadhan mengajari kita untuk berusaha jujur dan taat beribadah sehingga kita bisa meningkatkan kualitas beribadah kita selepas Bulan Ramadhan. Agenda Ramadhan juga meningkatkan semangat para siswa dalam menjalani Ibadah-ibadah di Bulan Ramadhan.
Hal yang unik namun penting dari Agenda Kegiatan Ramadhan adalah dimana kita harus mengisi rangkuman dari ceramah sebelum Sholat Tarawih, saat Sholat Jumat, dan setelah Shalat Ied. Tentunya siswa harus datang ke Masjid dan tidak boleh ketinggalan Shalat berjamaah. Selain itu, siswa juga wajib mendapatkan tandatangan dari penceramah ketika rangkaian ibadah Shalat Tarawih, Shalat Jumat, dan Shalat Ied selesai.
Manfaatnya bagi adik-adik kita tentu ada. Selain menjadi ajang mencari nilai tambahan untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Agenda Kegiatan Ramadhan juga melatih mereka dalam mempertanggung jawabkan kegiatan Ibadah mereka di Bulan ramadhan.